Kontribusi Koperasi Zaman Now Serta Peran para Generasi Milleneal

Apa yang terfikir pada orang jika mendengar tentang koperasi. Pasti yang mereka fikirkan adalah rentenir, jadul, ketinggalan zaman dan KUD yang ada di desa-desa. Terlihat sebagai gudang beras atau sembako untuk dibagikan kepada masyarakat.

Sudah saatnya koperasi melakukan perubahan besar untuk mengilangkan persepi masyarakat tersebut. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, Kontribusi Koperasi zaman now sangat penting sekali untuk kemajuan ekonomi bagi gererasi-generasi berikutnya.

 

Koperasi Digital

Sebetulnya, keberadaan koperasi amatlah penting untuk para milleneal. Bisa membuat perekonomian lebih baik serta mandiri. Bukan hanya untuk anggotanya tetapi juga untuk masyarakat. Dengan adanya teknologi digital seharusnya koperasi bisa bangkit kembali dan dikenal masyarakat luas termasuk generasi milleneal.

Bagi mereka yang masih menggunakan cara lama, lambat laun akan tergerus dengan inovasi dari berbagai teknologi yang kian berkembang. Sudah banyak kasus industri yang memakai cara lama kalah dari mereka yang mampu menawarkan solusi yang mudah dan praktis.

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi millenials harus memikirkan cara-cara menciptakan lapangan kerja. Dengan menggunakan fasilitas koperasi yang ada. Sekarang banyak sekali toko online berbasis koperasi, misalnya saja Tokopedia, Grab, dan Traveloka.

 

Startegi Koprasi Zaman Now

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menarik millenials supaya ikut serta dalam kemajuan koperasi, di antaranya:

  1. Menggunakan Tehnologi Digital dalam Pengelolaan Koperasi

Penggunaan digitalisasi akan memberikan berbagai kemudahan. Misalnya, pembayaran simpanan cukup dengan transfer lewat smartphone maupun liwat ATM . Begitu pula dengan pengajuan pembiayaan yang dilakukan oleh perbankan berbasis tehnologi saat ini.

  1. Bisnis Koperasi Sesuai Minat serta Karakter Anggotanya

Bisnis koperasi haruslah memiliki perencanaan yang matang dan tujuan yang jelas. Mengingat anggotanya para milenials yang memiliki motivasi tinggi dan visi sangat besar. Sebuah keharusan bagi koperasi untuk mengikuti pemikiran mereka saat ini. Koperasi sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi para generasi Y ini.

  1. Memperbanyak Kisah Sukses Koperasi

Saat ini Indonesia memiliki koperasi dengan skala besar. Contohnya koperasi Telkomsel atau Semen Gresik, sebagai koperasi karyawan. Dan kopindo untuk koperasi yang dijalankan pemuda. Branding tidak hanya dilakukan oleh koperasi yang bersangkutan, tetapi juga oleh pihak pemerintah dan gerakan koperasi.

 

Koperasi dan generasi milenial

Koperasi Milenial (koperasi.net)

Koperasi Zaman Now

Saat ini pengurus koperasi yang ada masih didominasi mereka para generasi X. Ada juga dari mereka  generasi Y tapi jumlahnya hanya sebagian.

Untuk  mencapai tujuan reformasi total koperasi demi eksistensi zaman now. Serta menjawab tantangan zaman yang dihadapi para generasi milleneal. Kementerian Koperasi melakukan berbagai progam unggulan, di antaranya:

  • Penataan data Koperasi melalui NIK dan Sertifikasi.
  • Fasilitas pembuatan Akte Koperasi bagi usaha kecil dan menengah.
  • Perluasan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • Fasilitasi ijin usaha mikro kecil.
  • Sertifikasi dan standarisasi produk.
  • Penyediaan dana bergulir bagi KUMKM.
  • Pengembangan kewirausahaan.
  • Dan masih banyak lagi.

Dengan adanya fasilitas tersebut diharapkan para millenials untuk mengembangkan koperasi modern yang berbasis teknologi. Hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan media sosial untuk berbagi komunikasi dengan yang lain.

Dari sini bisa terbentuk suatu komunitas dalam wadah koperasi. Dengan ini bisa bertukar informasi dan produk yang difasilitasi koperasi. Mereka biasa menggunakan media sosial untuk jualan secara online.

 

Koperasi Dan Generasi Milleneal

Agar koperasi sukses menjadi yang modern untuk itu perlunya sentuhan dari para millenials. Terlebih Kontribusi Koperasi zaman now sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup orang banyak.

Sejak revolusi 3T (Transportasi, Travel, Telekomunikasi)  globalilasasi sudah tidak dapat dibendung. Maka dari itu koperasi harus melakukan perubahan besar. Kebangkitan koperasi ini bisa dimulai dari bebrapa aspek. Dengan mengoreksi permasalahan yang menjadi kendala saat ini, yaitu :

  • SDM, minimnya SDM yang dimiliki membuat koperasi sulit berkembang. Dengan mengatasi hal ini tentunya akan membuat koperasi jadi lebih baik dan berkualitas.
  • Kelembagaan, sejauh ini masyarakat memandang koperasi sebagai badan usaha yang bersifat sosial, bukan sebagai badan usaha ekonomi yang dapat mensejahterakan anggotanya.
  • Manajemen dan Teknologi, saat ini koperasi belum sepenuhnya menggunakan teknologi yang ada dan ditangani secara professional.
  • Pembiyaan, terbatasnya modal sebagai kendala utama dan kesulitan mendapat sumber keuangan internal.
  • Pemasaran, sedikitnya informasi yang diperoleh, sehingga kesulitan dalam memasarkan produk. Jika menggunakan teknologi yang ada maka akan memperoleh informasi pasar yang lebih luas bahkan bisa sampai luar negeri.

Yang perlu digaris bawahi bahwa daya saing produksi dan pemasaran juga menjadi tantangan bagi para generasi milleneal.  Dimana dinamika global menuntut koperasi untuk meningkatkan daya saing. Saat ini peran para milleneals sangat dibutuhkan sebagai hubungan simbiosis mutualisme bagi keduanya.

Jadi,sudah seharusya kontribusi Koperasi zaman now mengikut sertakan generasi millenials. untuk mewujudkan koperasi yang lebih baik, modern serta berkualitas bagi kesejahteraan bersama. Menjadikan anggotanya lebih mandiri secara finansials dan Indonesia semakin maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *